Hakikat Pembelajaran Anak Usia Dini



Hakikat Pembelajaran Anak Usia Dini

   Pembelajaran bagi anak Usia Dini termasuk TK di dalamnya memiliki
kekhas-an tersendiri. 
Kegiatan pembelajaran di TK mengutamakan bermain
sambil belajar dan belajar sambil bermain.

Menurut Froebel, bermain sebagai bentuk kegiatan belajar di Taman
Kanak-kanak. Melalui bermain
kreatif anak dapat mengembangkan serta mengintegrasikan semua
kemampuannya, Anak lebih banyak belajar melalui bermain dan melakukan
eksplorasi terhadap objek-objek dan pengalamannya karena anak dapat
membangun pengetahuannya sendiri.

hakikat pembelajaran anak Usia Dini  dalam KBK sebagai berikut:

a. Proses pembelajaran bagi anak usia dini adalah proses interaksi antara anak,
sumber belajar, dan pendidik dalam suatu lingkungan belajar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

b. Sesuai dengan karakteristik anak usia dini yang bersifat aktif melakukan
berbagai eksplorasi dalam kegiatan bermain. 

c. Belajar sambil bermain ditekankan pada pengembangan potensi dibidang
fisik (koordinasi motorik halus dan kasar) .

d. Penyelenggaraan pembelajaran bagi anak usia dini perlu memberikan rasa
aman bagi anak.

e. Sesuai dengan sifat perkembangan anak usia dini, proses pembelajarannya
dilaksanakan secara terpadu.

Model pembelajaran anak usia dini
a model pembelajaran klasik
b. Model pembelajaran kelompok
c. Model pembelajaran sudut sudut kelompok
d. Model pembelajaran area
e.  Model pembelajaran BBCT